METODE CERDAS - Desain Produk 728x90

Proses Produksi Kopi Luwak Proses Produksi Kopi Luwak

Published on Februari 4th, 2018 | by Armiyadi

0

Proses Produksi Kopi Luwak Dari Asalnya

Proses produksi kopi luwak adalah sebuah pertanyaan yang sering muncul dari para pencinta kopi luwak, karena orang ingin tahu proses produksi kopi luwak yang sebenarnya seperti apa. Karena kami adalah produsen kopi luwak liar arabika gayo, maka pada kesempatan ini kami akan menceritakan secara detail bagaimana proses produksi kopi luwak tersebut.

Pertama pahami dulu bahwa kopi luwak adalah kopi yang dimakan oleh hewan yang bernama musang namun tidak disebut kopi mmusang, karena musang disebut juga sebagi luwak maka dalam hal kopi populer dengan sebutan kopi luwak.

Hewan musang atau luwak ini hidup berdampingan dengan kebun kopi miilik petani, sebanrnya habitat luwak inilah yang dirambah petani dan menjadikannya perkebunan kopi, sehingga musang ini bergeser tempat hidupnya.

Di Dataran Tinggi Gayo, perkebunan dan hewan luwak dalam habitat yang sama yaitu dalam wilayah pinggiran hutan dan hutan muda, ketika petani membuka lahan pertanian dan menanam kopi sebagai pengganti pohon yang ditebang maka hewan luwak bergeser dan tetap tinggal didaerah perkebunan tersebut.

Proses Produksi Kopi LuwakNah….ketika tanaman kopi ini berbuah, ternyata buah cery kopi tersebut sangat disukai oleh hewan musang ini, sehingga buah kopi tersebut banyak yang dimakan oleh mereka inilah awal proses kopi luwak tersebut lahir. Terjadi perselihan antara mereka petani menganggap musang adalah hama yang telah memakan buah kopinya, hal ini terjadi jauh sebelum kopi luwak tersebut populer.

Ketika kopi luwak mulai populer dan harga kopi luwak ternyata sangat mahal petani mulai merasakan manfaat ketika buah kopi mereka dimakan oleh hewan ini, tinggal menyiasati bagamana caranya agar kopi luwak yang dimakan tersebut tertinggal atau ditinggalkan di dalam kawasan kebun milik mereka sebdiri. Jika hal ini gagal petani merasa kecewa dan bahkan sampai ada yang meracuni hewan ini…kasian!

Awal Proses Produksi Kopi Luwak Adalah Karena Tempat Hidupnya Di Geser Menjadi Lahan Perkebunan Kopi

==>> Baca Juga Cara menghasilkan Kopi Luwak Liar

Kami memberikan penyuluhan bagaimana caranya agar hewan tersebut bisa menjadi manfaat sehingga terjadi hubungi mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan. Caranya dengan membuat tempat tinggal musang tersebut menjadi lebih nyaman ditinggali dan menanam tanaman buah lain yang menjadi kesukaan hewan tersebut.

Ini akan berdampak terhadap hasil dari uji citarasa kopi luwak gayo yang luar biasa, dengan skor cupping rata-rata diatas 8.

Hal yang paling penting dalam proses produksi kopi luwak adalah membuat fasilitas kesukaan hewan ini agar mau meninggalkan kopi luwak tersebut pada tempat yang telah kita tentukan, dengan cara mencari kopi luwak atau kotoran luwak yang telah ada lalu menmpatkannya pada area yang ingin kita jadikan sebagai tempat untuk kita menghasilkan kopi luwak. Dari hasil pengamatan ternyata hewan ini suka meletakkan kotorannya pada tempat tempat yang bersih dan sudah memmiliki aroma kotoran hewan musang yang lain, mungkin mereka juga punya prinsif atau memiliki pola hidup ber MCK atau memiliki jamban umum .

Setelah berhasil proses produksi kopi luwak baru dilanjutkan lagi memproses kopi tersebut agar bersih dan higienis sehingga bisa dikonsumsi dan diperdagangan dengan Aman.

Hubungi kami untuk kebutuhan kopi luwak Anda di WA 0811 676 534 Bapak Armiyadi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Pencinta Kopi Motivator Petani



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑