METODE CERDAS - Desain Produk 728x90

Pengetahuan Kualitas kopi Luwak

Published on April 15th, 2016 | by Armiyadi

0

Review Kualitas Kopi Luwak

Kurangnya Pengetahuan Menghancurkan Kualitas Kopi Luwak

Kualitas kopi luwak || Mendengar harga kopi luwak yang begitu fantastik semua petani yang menemukan kopi luwak  di kebunya merasa bangga dan senang, karena dalam benaknya bahwa dia akan mendapatkan uang yang lumayan karena kopi tersebut laku dengan harga yang relatif mahal dibanding dengan kopi lainnya. Semakin banyak ditemukan akan semakin menggembirakan, para petani sangat sedikit yang mengerti tentang kualitas kopi luwak.

Pada waktu tertentu para petani khusus pergi mencari kopi luwak secara berkelompok, mereka menelusuri kebun-kebun termasuk masuk ke semak dan hutan hutan kecil yang berada dipinggiran perkebunaan kopi mereka, karena memang mereka mengumpulkan kopi luwak liar.

Kelompok ini biasa membawa hasil yang banyak satu orang bisa mengumpulkan kopi luwak sebanyak 10 bambu (11 Kg) bahkan bisa lebih, pada musim panen kopi. Namun jangan tanya Kualitas kopi luwak tersebut apakah sudah sesuai standar atau belum, hal ini kita ketahui dari pengalaman selama membeli kopi luwak, petani mengumpulkan semua kopi luwak yang ditemukan dengan cara mencanpurnya antara kopi luwak yang lama dengan kopi luwak yang baru.

Kualitas Kopi Luwak atau Kopi Loak

Kualitas kopi Luwak

Kualitas kopi luwak

Para petani pengumpul kopi luwak yang berkelompok atau secara individu mencari kopi tersebut disekitar kebun dan semak itu biasanya mengumpulkan kopi luwak tersebut secara MEMBABI BUTA, mereka mengambil SEMUA kopi luwak yang mereka dapat tanpa memperhatikan kualitas  kopi luwak yang mereka temukan ada yang segar dan ada yang yang sudah usang seharusnya ini dipisah dan yang terbaik adalah hanya yang mengambil yang segar saja. Jika mengambil kopi luwak yang sudah usang itu bukan kopi luwak tapi kopi loak definsi ini sama seperti pakain bekas yang dijual yang disebut pakaian loak artinya yang sudah usang, dan ini sangat penting dipahami oleh para petani pengumpul kopi luwak, hal inilah yang menjadi landasan kami harus melatih petani pengumpul kopi luwak kami.

TEKNIK PENGUMPULAN KOPI LUWAK UNTUK MENDAPAT KUALITAS KOPI LUWAK YANG BAIK

SUDAH BERAPA LAMA KOPI LUWAK TERSEBUT DI KELUARKAN HEWAN YANG BERNAMA MUSANG..?

Pengumpulan kopi luwak harus memperhatikan kondisi atau kualitas kopi luwak yang ditemukan, sudah berapa lama kopi tersebut dikeluarkan oleh hewan luwak, apakah 1 hari, 2 hari, 3 hari dan seterusnya hal ini sangat penting karena biasanya kopi luwak yang ditemukan sering bertumpang tindih antara kopi luwak lama dan kopi luwak yang segar, ini memang menjadi kebiasaan hewan musang menumpuk kopi luwak antara yang lama dengan yang baru, karena luwak ini memiliki tempat khusus buang air dalam satu tempat.  jika hal ini ditemukan maka kita harus mengumpulkan atau mengambil kopi luwak yang segar saja, hal ini bisa kita tandai dengan lendir, warna adan aromanya. Dan jika kita menjumpai hal ini sangat mudah mengindentifikasi.

===>> Baca Juga Proses Produksi Kopi Luwak

Sering kejadian petani menemukan kopi luwak yang menumpuk antara kopi luwak lama dan kopi luwak baru, namun karena tidak memiliki pengetahuan bahwa kopi luwak ini dikumpulkn dan dicampur.

Kejadian ini membuat kualitas kopi luwak yang dikumpulkan menjadi sangat rendah, hal ini akan diperparah jika agen pembeli tidak memiliki pengetahuan tentang kopi luwak yang segar dan kopi luwak yang telah usang atau kopi loak.

PEMBUNGKUS YANG PENGUMPUL GUNAKAN UNTUK TEMPAT KOPI LUWAK BERPENGARUH PADA KUALITAS KOPI LUWAK

Kebiasaan lain yang membuat kualitas kopi luwak rusak adalah pembungkus yang digunakan oleh petani atau pengumpul kopi luwak, penggunaan pembungkus sangat berpengaruh pada kualitas kopi luwak, jika petani menggunakaan pembungkus bekas pemakain lain seperti bekas pembungkus gorengan atau bekas pembungkus yang memiliki aroma akan berpengaruh pada kopi luwak yang dibungkus dengan pembungkus bekas ini berakibat rusaknya kualitas kopi luwak.

Pengetahuan Agen Pengumpul

Kopi luwak yang dicari dan dikumpulkan oleh petani ini dijual pada agen yang berada di desa, para agen ini memiliki persepsi bahwa semua kopi luwak yang dikeluarkan oleh hewan musang adalah kopi luwak, tidak mengetahui bahwa kopi luwak yang sebenarnya diminati oleh pasar adalah kopi luwak yang berkualitas yang berarti adalah kopi luwak yang segar, karena jika bercampur dengan yang telah usang maka kualitas kopi luwak yang dihasilakn adalah kopi luwak yang jelek yang memiliki aroma yang rusak seperti bau tanah, berbau kayu, dan apek bukan berbau kopi luwak yang berkualitas seperti berbau harum, berbau buah, berbau fisy (anyir seperti bau ikan)

Pengetahuan yang dimiliki oleh agen pengumpul merupakan satu kunci untuk mendapatkan kopi luwak yang berkualitas, jika Anda mendapatkan kopi luwak yang dikumpulkan oleh agen yang belum punya keahlian tentang kopi luwak maka sangat disayangkan pastilah anda akan rugi.

Penyimpanan Untuk Kualitas kopi luwak

Untuk mempertahakankan kualitas Kopi luwak yang segar tidak bisa disimpan harus langsung dijual ke agen kopi luwak, dengan harapan  agen ini segera memprosesnya dengan baik seperti mencuci daan menjemurnya sampai kering, bila tidak langsung diantar ke agen pembeli kopi luwak, petani harus bisa memprosesnya tidak bisa menunggu sampai banyak.

Pada kejadian ini yang sering salah dilakukan oleh petani pengumpul kopi luwak adalah menelantarkan kopi luwak tersebut satu malam atau bahkan 24 jam baru diantar, mereka menganggap bahwa hal tersebut tidak bermasalah dan mengantar atau menjual kopi tersebut kepada agen pembeli kopi luwak pada hari berikutnya atau beberapa hari kemudian dimana kopi luwaknya sudah lapuk.

Permasalahannya adalah kopi tersebut sangat rentan terhadap pembusukan lebih lanjut karena bercampur dengan bahan lain seperti buah pepaya yang ada dalam kopi luwak tersebut akan mempercepat pembusukan dan pelapukan, jika ini dilakukan oleh petani maka kopi luwak yang diantarkan pada ageng pengumpul kopi luwak bisa dipastikan akan beraroma apek.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para pengumpul kopi luwak ini agar aroma kopi luwak ini tidak busuk, solusinya adalah kopi luwak yang didapat harus dijemur atau di ler pada tempat terbuka sehingga tidak terjadi fermentasi atau proses pembusukan.

Kurangnya Pengetahuan Buyer Terhadap kualitas kopi luwak

Pembeli atau buyer yang tidak paham tentang kopi luwak akan sulit diyakinkan apakah kopi luwak itu asli atau palsu sehingga harga kopi luwak berpengaruh, pengetahuan ini sangat penting untuk pemahaman kepada pembeli yang bersangkutan, lalu apakah hanya pembeli yang punya pengetahuan tentang kopi luwak yang bisa membeli kopi luwak? Jawabnya seharusnya IYA, karena hanya dengan mengetahui kualitas kopi luwaklah para pembeli itu tidak bisa membedakan mana kopi luwak yang benar dan mana yang disebut dengan KOPI LOAK.

Apakah tidak ada pilihan lain? Jawabnya ada, kopi yang dibeli dari produsen kopi luwak harus dilengkapi dengan hasil cuping atau hasil test cup oleh lembaga resmi yang indevenden.

Sebagai Distributor Kopi Luwak

KAMI MENGANTASIPASI HAL INI DENGAN MELAKUKAN PELATIHAN PADA PETANI DAN PENGUMPUL KOPI LUWAK KAMI

KAMI MELAKUKANNYA PEMBELIAN DENGAN TELITI DAN SELEKTIF KARENA JIKA KITA TIDAK HATI HATI YANG KITA DAPAT BUKAN KOPI LUWAK TAPI KOPI LOAK.

Dapatkan kopi luwak dengan melihat daftar harga kopi kami.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Pencinta Kopi Motivator Petani



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑