METODE CERDAS - Desain Produk 728x90

Beli Kopi Luwak Lindungi Hewan Luwak

Published on April 9th, 2016 | by Armiyadi

Untuk Melindung Luwak Beli Kopi Luwak

Beli kopi luwak || Apa hubungan antara melindung luwak dengan beli kopi luwak, mungkin itu yang terlintas dalam benak anda ketika pertama kali mendengar bisa saja anda mendefinisikan ini adalah bahasa marketing dan itu tidak ada hubungannya.

Realita yang ada jika Anda berkunjung ke daerah penghasil kopi di Dataran Tinggi Gayo suatu daerah penghasil kopi gayo arabika terluas di Asia Tenggara dengan luas perkebunan rakyat sekiat 100.000 ha yang tersebar pada 3 kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Gayo Lues tepatkan di Negara Indonesia.

Perkebunan kopi arabika milik masyarakat tersebut berdampingan dengan hutan dan semak belukar, kalau kita lihat dari udara maka perkebunan kopi ini tidak akan kita temukan karena secara nyata bahwa perkebunan tersebut menyerupai hutan semua perkebuan kopi tersebut memilki pohon penaung mirip hutan jika dilihat dari atas.

Karena berdampingan tersebut semua kehidupan berinteraksi secara langsung, interaksi ini menimbulkan akibat bagi manusia hewan musang atau luwak, merupakan hama dan bagi luwak manusia adalah makhluk yang telah merusak tempat tinggal mereka. untuk itu melindungi  luwak adalah keharusan.

Pada musim panen banyak kopi yang dimakan oleh hewan musang sebelum sempat pemilik kebun memanen kopi tersebut, karena konflik ini tidak jarang luwak ini diracun sehingga populasi musang atau luwak ini semakin berkurang.

PRIODE LUWAK DI BURU DAN DIKURUNG

9 tahun terakhir kegiatan ini mulai berbeda sejak munculnya tren kopi luwak yang terkenal memiliki khasiat dan membuat kopi menjadi sangat enak serta bagus untuk kesehatan, 7 tahun yang lalu tepat tahun 2009 banyak hewan luwak ini ditangkap dan diternakkan dengan harapan luwak ini mampu menghasilkan kopi luwak yang laku dengan harga mahal ini, belum ada upaya melindungi luwak karena hanya berpikir secara ekonomis.

Melindungi Luwak dengan Cara Beli Kopi Luwak

beli kopi Luwak

Tahun 2009 Sejak tren kopi luwak itu lahir kepedulian terhadap hewan luwak ini hanya menggunakan azas manfaat, belum mengikuti etika alam yaitu melindungi luwak lebih kepada exsploritasi yang berlebihan dengan memasang prangkap dan menangkap musang untuk dijual, kegiatan berakibat pada:

  1. Penangkapan hewan luwak yang memakai perangkap berakibat stressnya luwak yang tertangkap dan berakibat matinya hewan tersebut.
  2. Pengurungan untuk diternakkan memiliki dampak yang sama sehingga luwak banyak yang jadi korban

Setelah berjalan 4 tahun harapan ini punah dan hilang karena ternyata di tentang oleh para pencinta binatang. Alasan lain kopi luwak tangkar yang dihasilkan memiliki rasa yang jauh dari harapan sebagaimana kopi luwak liar yang sebenarnya yang tercipta secara alami.

Tahun 2012 sejak kopi luwak tangkar tidak laku dipasaran semua hewan yang dipelihara didalam kandang mulai dilepas dan sudah tamatlah riwayat peternakkan luwak tangkar, namun hal tersebut berimbas pada kopi luwak liar alam, karena pembeli belum sepenuhnya percaya dan tidak memiliki keahlian membedakan mana kopi luwak yang dihasilkan dari penangkaran dan mana kopi luwak liar yang dihasilkan dari alam secara alami.

KOPI TIDAK LAKU KONFLIK LUWAK DAN MANUSIA BELUM SELESAI

Lalu apakah masalahnya sudah selesai setelah kepopuleran kopi luwak itu luntur dan tidak bergairah?? Ternyata belum. Luwak terus berkembang biak konflik kepentingan kembali pada permasalahan semula bahwa manusia merasa tanaman kopinya terancam oleh hewan luwak dan luwak merasa teramcam oleh manusia.

Ada petani merasa wajar dan memberikan toleransi dengan melindungi luwak petani membiarkan luwak makan di kebunya dan meletakkan kotorannya pada kebun petani lain, tapi ada petani yang tidak iklas bahwa hasil kopinya diambil oleh musang sehingga memusuhinya sampai tingkat kesabarannya habis maka diberikanlah racun pada musang tersebut.

Hal ini semakin buruk dengan buruknya pasar kopi luwak, karena orang diluar sana menganggap kopi luwak itu sangat sedikit, karena mereka tidak membayangkan seberapa luas dan bagaiaman perkebunan kopi di dataran tinggi gayo itu. Buruknya permintaan pasar di dunia kopi luwak membuat petani semakin putus asa. Petani yang masih punya harapan ketika kopinya dipanen oleh luwak berharap dapat menjual kopi luwak sebagai ganti kopi mereka yang hilang tidak bisa menjadi kenyataan karena kopi luwak yang mereka kumpulkan tidak laku. INILAH KUNCI YANG KITA MAKSUD Melindungi Luwak dengan cara mem- beli kopi Luwak.

Solusi Melindungi Luwak dengan Beli Kopi Luwak

  1. Membuka pasar untuk kopi luwak sehingga petani tidak merasa rugi ketika memanen kopi luwak mereka, karena mereka dapat menjual kopi luwak tersebut dengan harga yang bagus.
  2. Memberi pelatihan kepada petani bagaimana menjaga hubungan yang saling menguntungkan dengan luwak
  3. Memberi pelatihan kepada petani bagaimana cara mengumpulkan kopi luwak yang berkualitas sehingga image tentang kopi luwak yang enak dan menyehatkan bisa terjaga.

Nah inilah tujuan kami membuat website ini agar hubungan antara mem- beli kopi luwak dengan terjaganya keberlangsungan hidup hewan luwak.

Apakah kami peduli….mari bantu kami untuk mewujudkan itu!!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author

Pencinta Kopi Motivator Petani



Back to Top ↑